Internasionalisasi Kampus, UIN-MALIKI PRESS Terbitkan Buku WCU
Abadi Wijaya Jumat, 26 September 2014 . in Berita . 2561 views

 

378_g-wcu.jpg

KATABUKU- UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terus melakukan berbagai upaya dalam rangka mewujudkan kampus Islam yang berkelas dunia. Berbagai kegiatan akademik tingkat internasional sering digelar, seperti penyelenggaraan Kuliah Tamu, Seminar, Workshop, hingga studi di luar negeri. Selain itu juga meningkatnya jumlah mahasiswa asing yang studi di kampus ulul albab ini.

Mengiringi penyelenggaraan Dies Natalis ke-10 yang telah digelar bulan Juni kemarin, UIN Malang melalui Unit Penerbitan (UIN-Maliki Press) kembali menerbitkan buku-buku bertema World Class University (WCU). Buku tersebut di antaranya berjudul: “UIN Maliki Malang Menuju World Class University”. Buku yang disusun oleh Tim Universitas ini dicetak secara eksklusif dengan tampilan full colour yang telah terbit pada bulan Juni 2014.

 

Buku yang hadir di tangan pembaca ini merupakan refleksi untuk menuju kampus kelas dunia. Ada lima hal yang disusun dalam bab-bab sesuai temanya. Bagian pertama mengurai alasan mengapa harus menjadi World Class University. Setidaknya ada tiga pertimbangan kenapa hal tersebut sangat urgen, yaitu karena pertimbangan kebangsaan, keislaman, dan pertimbangan kelembagaan.

Pada bagian berikutnya mengungkap resources yang dimiliki sehingga perlu dicanangkan sebagai kampus berlevel internasional. Pada bagian ini dijelaskan modal yang dimiliki yang meliputi sumberdaya akademik, jaringan internasional, keunikan model pendidikan, dan budaya kelembagaan. Di bagian ketiga dijelaskan bagaimana tantangan yang dihadapi UIN Malang sehingga perlu transformasi kelembagaan ke level internasional. Disusul kemudian pada bagian kelima yang berusaha memasang target waktu kapan tujuan ideal tersebut dapat diraih.

Menurut Rektor UIN Malang, Bapak Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si, sebagaimana yang termaktub dalam pengantarnya menjelaskan bahwa buku ini disusun untuk merespons dinamika akademik yang terjadi dalam konteks pendidikan tinggi Islam di Indonesia. Sejak 2013, Kementerian Agama RI menyatakan bahwa sudah saatnya 8 PTAIN yang telah berstatus sebagai Universitas Islam Negeri (UIN) harus ditransformasikan menjadi universitas yang berkelas dunia (world class university). Ada dua UIN yang diproyeksikan menjadi WCU yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atau disingkat UIN Maliki Malang dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau UIN Syahida Jakarta. Kedua kampus ini secara institusi telah terakreditasi A dari BAN-PT yang merupakan modal penting dalam proses transformasi kelembagaan semacam ini.

Kementerian Agama memandang bahwa alasan untuk melakukan transformasi tidak lain untuk memperbaiki kualitas pendidikan di bawah koordinasi Kemenag. Apalagi, beberapa tahun terakhir, lembaga pendidikan tinggi di bawah Kemenag terus menaikkan status. Dari semula berstatus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan dari IAIN menjadi UIN. Oleh karena itu, adalah sebuah keniscayaan jika PTAIN yang sudah berstatus UIN harus dipacu kualitasnya menjadi Universitas Islam Negeri berkelas dunia.

“UIN Maliki Malang sejak awal memiliki mimpi besar akan menjadi kampus sebagai pusat keunggulan dan pusat peradaban Islam di dunia,  to be the center of excellence and Islamic civilization. Inilah visi besar UIN Maliki Malang. Semoga dari kampus ini (UIN Maliki Malang, red) akan lahir generasi-generasi unggul yang akan menjadikan Islam mampu mencapai masa kejayaannya kembali”, pungkasnya.[]

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up