RAPIM: Optimalisasi Sarana Prasarana Kampus Tahun 2015
Abadi Wijaya Selasa, 10 Februari 2015 . in Berita . 1972 views
491_rapim.jpg
Ridwan, Kepala Bagian Perencanaan saat memmpin sidang komisi 4 di Rumah Singgah Pasca Sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (3/2)

 

GEMA-Awal tahun menjadi pijakan penting bagi kampus untuk berjalan selama satu tahun ke depan. Keuangan menjadi materi yang paling krusial yang akan dibahas dalam ‘Rapat Pimpinan Perumusan Kebijakan Program dan Anggaran Tahun 2015’ (3/2)

yang diselenggarakan di Rumah Singgah  Pasca Sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dengan mengundang seluruh pejabat rektorat dan juga dekanat yang akan turut berperan aktif dalam merancang kebijakan tahun 2015 ini.

Untuk melancarkan Rapim ini, undangan akan dibagi dalam 5 komisi dengan bidang yang berbeda. Komisi 1 Bidang Akademik dan Kelembagaan, Komisi 2 Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan, Komisi 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, komisi 4 Bidang Rencana Pengembangan Sarana Prasarana dan RKP, dan Komisi 5 Bidang Rencana Operasional Pendidikan  Tinggi. Kelima komisi ini akan bersinergi secara utuh untuk saling melengkapi satu sama lain dalam menentukan kebijakan tahun 2015.

Dalam komisi 4 yang dihadiri oleh para dekan dengan konsentrasi materi rencana pengembangan sarana prasarana dan RKP, diskusi berlangsung hangat dan hidup. Orientasi yang dibangun untuk mengantarkan UIN Maulana Malik Ibrahim menuju World Class University (WCU) tak terelekkan lagi. Salah satu ukuran untuk menjadi universitas internasional adalah sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan berstandard internasional pula. Dekan yang secara langsung bersentuhan langsung dengan mahasiswa akan mengetahui secara pasti kekurangan dan kebutuhan di wilayah mereka masing-masing.

Optimalisi sarana menjadi pembahasan yang menarik. Sebut saja rencana untuk menjadikan lorong gedung B yang minim manfaat karena hanya menjadi akses lalu lalang mahasiswa akan dijadikan ruang baca yang representatif. Tentunya hal ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memaksimalkan waktu mereka. Jika terealisasi maka mahasiswa akan mempunyai sebuah akses pilihan baru dalam memenuhi kehausan ruang baca yang selama ini diderita.

Rencana lain yang juga menjadi hal penting yang harus dikawal bersama adalah pada aspek kebersihan kampus. Tumpukan sampah yang menumpuk di sudut-sudut kampus menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Tahun 2015 ini direncanakan akan ada truk pengangkut sampah yang akan mengambil sampah di seluruh penjuru kampus setidaknya dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari. Terobosan baru ini diharapkan akan mampu meng-cover kebersihan kampus dengan kuantitas sampah yang cukup tinggi. “2015 ini kita akan berusaha untuk mengoptimalkan sarana prasarana yang ada di kampus,” ujar Ridwan selaku pimpinan sidang. (nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up