Kembangkan Penerbitan, UNIDA Gontor Press Berguru ke UIN-Maliki Press
Abadi Wijaya Rabu, 18 Maret 2015 . in Berita . 2422 views
522_uin-press.jpg

UIN-MALIKI PRESS- Unit Penerbitan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atau yang lebih sering dikenal dengan nama UIN-Maliki Press

terus mendapat sorotan dari banyak pihak. Tidak sedikit, penerbit kampus yang telah berkunjung ke UIN-Maliki Press dalam rangka ingin belajar banyak tentang manajemen pengelolaan penerbit perguruan tinggi. Mulai dari UB Press, UIN Sunan Kalijaga Press, STAIN Jember Press, STAIN Kediri Press, Tebuireng Press, UNS Press, UIN Riau, dan seterusnya.

Bulan Maret ini, tepatnya Senin (16 Maret 2015), UIN-Maliki Press mendapat kunjungan kehormatan dari Tim Manajemen UNIDA Gontor Press, sebuah Unit Penerbitan yang dikelola Universitas Darusalam Gontor. Rombongan, sebanyak 4 orang mengaku ingin belajar banyak tentang pengelolaan dan pengembangan UNIDA Gontor Press.

“Kami, datang ke sini (UIN Malang, red), secara khusus diperintahkan Rektor, untuk belajar banyak ke UIN-Maliki Press. UIN Maliki Malang dikenal sebagai kampus yang telah sukses mengembangkan penerbitan kampus dan memotivasi para dosennya untuk menulis dan menerbitkan buku”, jelas Muhammad Musliih, selaku ketua rombongan.

Dalam kesempatan ini, Bapak M. Bahrun Amiq, M.Si, selaku Penanggungjawab UIN-Maliki Press menyampaikan rasa terima kasih atas kesediannya untuk bersilaturrahim ke unit penerbitan UIN Malang. Selanjutnya, Pak Amiq menguraikan secara gamblang mengenai sejarah perjalanan UIN-Maliki Press dan berbagi pengalaman seputar manajemen pengelolaan penerbitan kampus, pengembangan sumber daya manusia, hingga distribusi dan pemasaran buku-buku yang diterbitkan.

Hadir juga Ketua APPTI (Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia) Korwil Jawa Timur, Bapak Zainal Habib. Dalam kesempatan itu, Pak Habib memberikan informasi tentang pentingnya membangun jaringan antar penerbit berbasis kampus. Mulai dari jaringan pemasaran hingga kerjasama penyelenggaraan kegiatan bedah buku sosialiasi kepakaran dosen.

Rombongan dari UNIDA Gontor Press mengaku senang bisa silaturrahim ke UIN-Maliki Press. “Kami senang bisa datang ke sini (UIN-Maliki Press, red). Kami telah belajar banyak bagaimana mengelola penerbitan kampus, yang insyaallah akan kami praktikkan di UNIDA Gontor. Semoga penerbitan yang dikembangkan UNIDA Gontor juga bisa cepat berkembang dan terbitannya bisa dinikmati masyarakat secara luas,” demikian kata Ismail, selaku Direktur UNIDA Gontor Press.

Setelah acara sharing berakhir, dilanjutkan dengan sesi tukar cindera mata. Dan, yang terakhir, UIN-Maliki Press menyiapkan kejutan dengan memberikan 1 paket buku hibah terbitan UIN-Maliki Press ke UNIDA Gontor yang berisi ratusan judul buku. “Kami berharap buku hibah ini dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di UNIDA Gontor. Semoga bisa menjadi inspirasi.”, harap M. Mahrus, bagian distribusi UIN-Maliki Press. “Wah, kami terima kasih banyak, sudah banyak ilmu, apalagi dapat sumbangan buku gratis”, tegas Pak Ismail, Direktur UNIDA Gontor Press. “Luar biasa, semoga kita bisa terus menjalin kerjasama ini”, tambahnya. []

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up