Tingkatkan Inovasi Pembelajaran
Abadi Wijaya Kamis, 21 Januari 2016 . in Berita . 1337 views
805_ppbi-relo.jpg
Prof. Natalie Kohlman berbagi pengalamannya selama menjadi praktisi TESOL

GEMA-Untuk terus meningkatkan profesionalitas pengajar Bahasa Inggris, PPBI (Pusat Pengembangan Bahasa Inggris) mengadakan workshop mengenai standar TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages). Acara yang bertema Dream and Change tersebut diselenggarakan di Ruang Pertemuan Lt. 3 Gedung Rektorat, Kamis (21/1).

Mengundang Prof. Natalie Kohlman, Ph.D, acara tersebut mengulas tentang isu-isu dan tren-tren terbaru dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam agenda tersebut, para pengajar Bahasa Inggris juga diajak berdiskusi tentang bagaimana peran guru dalam mengajar di kelas. Peran guru dalam pembelajaran ialah sebagai motivator dan fasilitator. Sehingga, guru harus lebih mempriotaskan murid di kelas agar mereka dapat belajar lebih mandiri dan kreatif.

Student center harus dimunculkan, sedangkan teacher center harus segera ditinggalkan karena guru hanya berperan sebagai fasilitator,” ujar Langgeng Budianto, Ketua PPBI.

Sebelum diskusi tentang materi tersebut, di awal acara para partisipan disuguhi teori mengenai bagaimana peran guru di kelas dan bagaimana untuk menjadi pengajar yang baik. Langgeng menjelaskan bahwa peran guru Bahasa Inggris ialah sebagai researcher dan facilitator. Guru sebagai researcher karena mereka dapat dengan aktif melakukan penelitian di dalam kelas.

Langgeng berharap, “Akan ada inovasi dan tren terbaru dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu juga agar ada standar-standar dalam pembelajaran Bahasa Inggris.” (hni/nd)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up